BAGIAN VIII: JENIS TRUSTEE

4 May

BAGIAN VIII: JENIS TRUSTEE

 

 

BAB VIII: TRUSTEE

Dalam uraian awal sudah dijelaskan dalam Trusts ada 3 pihak, yaitu Settlor (yang membuat Trusts), Trustee (yang mengurus Trusts) dan Beneficiary ( yang menerima manfaat dari Trusts) . Bagian ini akan menguraikan tentang Trustee yang diambil dari buku A.J.Oakley, The Modern Law of Trusts,  Parker and Mellows, Ninth Edition, Thomson Sweet & Maxwell, London, 2008, halaman 600 sampai 696.

JENIS TRUSTEE

a. Trustee Umum
Pada umumnya setiap orang atau perusahaan dapat ditunjuk menjadi Trustee baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Trustee yang ini umumnya tidak berhak menerima pembayaran,  menjadi Trustee karena ditunjuk oleh Settlor karena dianggap mempunyai kapasitas secara hukum akan tetapi dapat diganti  oleh pengadilan bilamana Trustee tersebut terlibat kejahatan atau dalam keadaan pailit atau tidak mampu bertindak.

b. Judicial Trustee

Seseorang atau perusahaan yang ditunjuk menjadi Trustee oleh pengadilan untuk mengurus Trusts yang di bawah pengawasan pengadilan. Trustee ini berdasarkan Judicial Trustees Act 1896 dengan tujuan untuk melindungi asset dalam Trusts begitu juga Trustee nya karena tindakan yang akan dilakukan mendapat pertimbangan dan persetujuan pengadilan.

c.Trusts Corporations

Perusahaan juga dapat menjadi Trustee yang professional dalam pengertian menjalankan usaha sebagai Trustee dan tentunya harus memenuhi syarat-syarat yang ketat yang ditentukan oleh undang-undang yang berlaku agar Beneficiary terlindungi dengan baik. Di Singapore diatur secara tegas untuk menjadi Trustee harus memenuhi syarat yang ditentukan oleh Monetary Authority of Singpore (MAS) yang ketat.

d. The Public Trustee
Trustee ini berbentuk badan hukum perseorangan dan berdasarkan The Public Trustee Act 1906 yang tujuan utamanya adalah mengurus Trusts pribadi yang pada umumnya Trusts kecil namun dia boleh juga ditunjuk sebagai Judicial Trustees atau Custodian trustee atau diperkenakan juga untuk mengurus asset-asset dari orang yang dihukum akan tetapi tidak boleh menjadi Trustee dari Trusts yang dimiliki oleh Keagamaan atau sosial.

e. Custodian Trustees

Trustee ini bisa berupa The Public Trustee atau Trustee lainnya dan berfungsi untuk menyimpan asset-asset dari Trusts dan biasanya ditunjuk serta dibayar sesuai dengan kapasitasnya.

 

 

TRUSTS