BAB VII: TRUSTS UNTUK BERBAGAI ORANG DAN ORGANISASI

30 Apr

BAB VII: TRUSTS UNTUK BERBAGAI ORANG DAN ORGANISASI

 

 

BAB VII. TRUSTS UNTUK BERBAGAI ORANG DAN ORGANISASI

 

Menurut  Martin M.Shenkman[1], Trusts dapat dapat dibuat untuk berbagai orang maupun untuk organisasi.

 

  1. TRUSTS UNTUK DIRI SENDIRI

            Trusts dibuat bisa untuk kepentingan diri sendiri dan adapun alasan untuk membuat Trusts yang demikian dengan berbagai alasan, antara lain termasuk didalamnya untuk mengatur asset-asset pribadi ketika orang tersebut memerlukan bantuan orang lain,  dalam keadaan tidak mampu betindak, melindungi asset-asset dari kreditur,  mengeluarkan dari warisan, meringankan pajak.

A Revocable inter-vivos Trust, yang disebut juga a Living Trust or Loving Trust, merupakan salah satu teknik perencanaan yang dibicarakan, karena merupakan sarana yang penting untuk perencanaan keuangan dan asset.

A Revocable Living Trust adalah  suatu Trust yang dibentuk oleh seseorang untuk kepentingan selama hidup nya , dimana orang tersebut mengontrol penuh atas asset-asset dalam Trust selama orang tersebut masih hidup dan sebelum menjadi tidak mampu bertindak.  Trust ini lebih bermanfaat untuk menghindari warisan yang harus mendapatkan pengesahan pengadilan dan publk tidak akan mengetahui atas asset-asset dalam Trust tersebut yang mana berbeda dengan wasiat atau warisan, begitu menjadi terbuka,  bisa diketahui oleh publik.

Dalam hal ini bentuk Trusts yang dapat dipertimbangan dalam hal ini :

  1. Qualified Personal Residence Trust (QPRT) adalah Trusts dimana seseorang mengalihkan hak kepemilikan atas propertinya kedalam Trusts dan dimana orang tersebut juga merupakan Beneficiary nya, sehingga kalau propertinya dijual maka hasilnya tetap menjadi mliknya begitu juga terhindar dari kreditur.
  2. Grantor Retained Annuity Trust (GRAT) adalah dalam rangka meringankan pajak untuk mengalihakn hak atas kepemilikan, mengelola cash flow dan menghindari tuntutan dari penggugat.
  3. Charitable Lead Trust (CLT) adalah untuk digunakan membiayai kegiatan sosial.
  4. Asset Protection Trusts (APT) adalah digunakan untuk menjaga keadaan dimana diperlukan dana, hal ini diperlukan pengelola yang professional dan investasi dari asset-asset Trusts.

  1. TRUSTS UNTUK PASANGAN HIDUP

Beberapa bentuk Trusts yang dapat digunakan untuk kepenting pasangan hidup, yaitu :

  1. Charitable Reminder Trust (CRT) dapat digunakan juga untuk membiayai pasangan hidup.
  2. Irrevocable Life Insirunce Trust, yang mana sangat berguna untuk kepentingan pasangan hidup.
  3. Revocable Living Trust (RLT) , yang sudah diuraikan diatas pada point 1 diatas, yaitu bilamana dalam keadaan tidak mampu bertindak, maka Trust ini bisa bermafaat untuk melindungi keluarga juga.

 

  1. TRUSTS UNTUK ANAK-ANAK, CUCU DAN SAUDARA-SAUDARA

            Trusts ini digunakan untuk kepentingan perlindungan terhadap anak-anak dan termasuk juga cucu, keponakan dan saudara-saudara, yang bisa digunakan untuk kepentingan sekolah dan lain-lain yang dijelaskan dalam Trusts.

  

  1. TRUSTS UNTUK CHARITIES

           Trusts ini digunakan untuk mengatur donasi yang akan digunakan untuk sosial, sehingga pendapatan yang diperoleh dari Trusts sudah ada bagian yang pasti untuk digunakan donasi.

 

[1] Martin M.Shenkman, The Complet Book of Trusts, Third  Edition, John Wiley & Sons, Inc, New York, Hal 165-215.

 

TRUSTS